PENERAPAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Beberapa penerapan dari teknologi
informasi dan komunikasi antara lain, dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor
perbankan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.
a. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan teknologi informasi dan
komunikasi banyak digunakan para pengusaha. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi
menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise
Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang
mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
b. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis teknologi
informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau
dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat
melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Maka dengan
adanya E-Commerce, masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus
pergi jauh ke toko yang menjual barang yang diinginkannya.
c. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan, teknologi
informasi dan komunikasi diterapkan melalui adanya transaksi perbankan lewat
internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat
dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo,
pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
d. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, teknologi
informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk pembelajaran secara elektronik atau
dikenal sebagai E-Learning yang merupakan dasar dan konsekuensi logis dari
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan E-Learning, peserta
ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk
menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-Learning juga dapat
mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya
yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
e. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas
(smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit
pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis
dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu
proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga
dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
f. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan
Mengacu pada penggunaan teknologi
informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang
mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan
lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan
pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi
dikenal sebagai world wide web. Pada intinya adalah penggunaan
teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan
pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi
ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
· G2C (Governmet
to Citizen), adalah hubungan komunikasi antara individu pemerintah dan
swasta atau penduduk. Komunikasi G2C paling sering merujuk pada apa yang
terjadi melalui Teknologi Informasi Komunikasi.
· G2B (Government
to Business), adalah sebuah interaksi online non-komersial antara
pemerintah daerah dan pusat dan sektor bisnis komersial.
· G2G (Government
to Government), adalah interaksi online non-komersial antara organisasi
pemerintah, departemen, dan otoritas lainnya.
Penerapan
teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari juga memiliki dampak positif
dan dampak negatif yaitu sebagai berikut.
Dampak positif:
a. Internet sebagai
media komunikasi
Ini adalah fungsi internet yang
paling banyak digunakan, dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi
dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b. Media pertukaran
data dengan cepat
Internet dapat digunakan untuk
media pertukaran, seperti dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www
(world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
c. Media untuk mencari
informasi
Perkembangan internet yang pesat
telah menjadikan www sebagai salah satu media untuk mencari informasi yang
penting dan akurat.
d. Kemudahan
memperoleh informasi
Dengan adanya internet, kita
dapat mengetahui informasi apa saja yang sedang terjadi.
e. Internet sebagai
media untuk Pendidikan
Internet dewasa ini telah
digunakan sebagai media dalam transformasi ilmu, sekarang banyak sekali lembaga
pendidikan yang memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran melalui
E-Learning dsb.
f. Melakukan efisiensi
biaya
Sudah tidak dapat dipungkiri
bahwa internet dapt digunakan untuk melakukan efisiensi biaya, bayangkan saja
dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan rekan, keluarga dsb, dengan
biaya yang murah Selain itu, sekarang ini banyak sekali pengusaha yang
memanfaatkan internet untuk mempromosikan produknya melalui website yang mereka
bangun dengan biaya yang murah.
g. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis
Dengan adanya E-Commerce, para
penjual dan pembeli barang tidak perlu pergi jauh menuju tempat
penawaran/penjualan.
Dampak negatif:
a. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian
informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
b. Penipuan
Penipuan memang merajalela di
bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang
terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang
Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
c. Computer addiction
Riset menemukan bahwa beberapa
organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games
off-line, yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.
d. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga
banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak
terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat
menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat
tabu.
e. Carding
Karena sifatnya yang real time
(langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang
paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling
banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para
penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit)
on-line dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka
menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
f. Net gaming
Yaitu sejenis kecanduan karena
judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet
yang mengganggu pekerjaan dan atau mengakibatkan terjadinya utang.
Sekian Postingan tentang Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari Smoga bermanfaat bagi anda semua. :D
Jangan Lupa klik ikuti google+ ya ^o^